Berita

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke 78 Kapanewon Ngemplak

Kamis (17/8/2023), Kapanewon Ngemplak melaksanakan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke 78 Republik Indonesia di lapangan Grogolan, Umbulmartani, Ngemplak. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Panewu Ngemplak Sumariyah,S.Sos., M.Si.

Peserta upacara berasal dari sekolah SD sampai dengan SMA, pamong kalurahan, instansi di lingkungan Kapanewon Ngemplak, anggota Polsek Ngemplak, anggota Koramil 07 Ngemplak, organisasi masa, dan unsur kesenian yang ada di wilayah Kapanewon Ngemplak.

Pada upacara tersebut, ditampilkan drumband dari SD N Karanganyar untuk mengisi pra acara. Selain itu, penampilan Bregodo Kyai Soro dari dusun Kalisoro yang bertugas mengiringi perjalanan inspektur upacara beserta Forkompim Kapanewon Ngemplak dari tempat transit di aula Kalurahan Umbulmartani ke lapangan upacara.

“Tahun ini adalah tahun kedua kita menerapkan tempat upacara bergilir di kalurahan yang ada di Kapanewon Ngemplak. Tujuannya agar masyarakat bisa lebih memaknai dan merawat rasa nasionalisme dengan melihat secara langsung prosesi upacara.” Dwi Marwanto, S.E. selaku Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Ngemplak.

Sementara itu ditemui secara terpisah, Panewu Ngemplak, Sumariyah, S.Sos.,M.Si. mengatakan bahwa tujuan dari dilaksanakan upacara secara bergiliran tempat adalah menjadikan semua elemen masyarakat memiliki rasa tanggung jawab untuk merayakan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *