Berita

PELATIHAN REGULER BUDIDAYA TERNAK SAPI POTONG KAPANEWON NGEMPLAK

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Ternak Sapi Potong yang merupakan Program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Kegiatan ini dilaksanakan di Paguyupan Lembu Martani Prakoso, Paguyupan ini merupakan kumpulan dari seluruh kelopok ternak di Kapanewon Ngempkak, Sleman.

 

Pelatihan budidaya ternak sapi potong kapanewon Ngemplak ini di laksanakan di Kandang Kebo , Ngalian, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, yogyakarta dan dibuka oleh Panewu Ngemplak Sumariyah, S.Sos, M.Si, pada hari Senin 3 Juli 2023. Dalam sambutannya Sumariyah, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa pelatihan pada hari ini melalui kegiatan PUPM yang merupakan usulan dari Paguyupan Lembu Martani Prakoso Ngemplak dengan pelaksana dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman.

 

Pelatihan  berlangsung dari tanggal 3 sampai dengan 5 juli 2023 dengan peserta sebanyak 25 orang. Selain menambah pengetahuan tentang Kebijakan Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan di kabupaten Sleman oleh Sekreatris Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kab. Sleman, Hijauan pakan ternak dan konsentrat disampailkan dari Lab. Hijauan makanan ternak Fakultas Peternakan UGM, Perkandangan dan bibit ternak sapi potong oleh Sri Yunarawati, Managemen kesehatan ternak dan Lingkungan oleh drh.Yeni Kurniawati, Strategi dan Efisiensi daalam budidaya ternak sapi potong oleh Agnes artha ariadina, Managemen reproduksi ternak sapi potong dari FKH UGM, Recording dan pengelolaan inseminasi buatan oleh Arif yunia widyatoro, dinamika Kelompok tani dan rencana tindak  lanjut pelatihan oleh endro purnomo, SP juga dilakukan praktek pembuatan pakan ternak,Pengolahan limbah ternak danPermodalan dan pengembangan usaha peternakan sehingga dapat menambah keterampilan peserta. Diharapkan pelatihan ini  dapat memberikan tambahan wawasan jika kelompok akan memulai usaha skala kelompok, baik dalam bidang pengelolaan pakan maupun kotoran ternak. Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat dan semua peserta bisa mengikuti pelatihan ini sampai dengan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *