Berita

Muskalsus BLT DD Kalurahan Umbulmartani

Kamis (25 Januari 2024) bertempat di Pendopo Kalurahan Umbul Martani yang beralamat di Umbul Martani Ngemplak, Sleman telah dilaksanakan Muskalsus BLT DD untuk tahun 2024. Acara tersebut di hadiri oleh Panewu Kapanewon Ngemplak Dakiri, S. Sos., M. Si, Kepala Jawatan Praja, Lurah, BPKal, LPMKal, PKK, Perangkat terkait, Dukuh dll. Sebelum pelaksanakan kegiatan yang dimaksud telah dilaksanakan rapat internal dgn dukuh dan tim untuk membahas lebih detil terkait materi yang akan disampaikan saat rapat.

Dalam sambutannya, Panewu Ngemplak Dakiri, S. Sos., M. Si sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2023 telah diatur prosedur penerima KPM, tidak boleh melebihi 15 % dari dana khusus yang diberikan kepada Pemerintah. Dari hasil laporan Lurah Umbulmartani untuk penerima manfaat 10% dari dana desa dari pemerintah. Berdasarkan kriteria tersebut untuk Kalurahan Umbulmartani penerima KPM sejumlah 34 orang dan telah disyahkan oleh Lurah dan Ka, BPKal Umbulmartani.

 

Kemudian dari Jawatan Praja memberikan tambahan yang intinya bantuan tersebut tidak boleh duplikasi dari bantuan Bansos lainnya yang diterimakan oleh Pemerintah. Ada beberapa kriteria penerima Bansos sesuai dengan  Permendagri Nomor 13 Tahun 2023 yaitu :

  1. Panangan kemiskinan ekstrim
  2. Program ketahanan pangan
  3. Program pencegahan dan penurunan stunting skala Desa
  4. Program sektor prioritas di Desa melalui bantuan permodalan BUM Desa/BUM Desa bersama, serta program pengembangan Desa sesuai potensi dan karakteristik desa.

 

Karena kriteria telah memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku maka untuk segera direalisasikan untuk pelaksanaan kegiatan ditahun 2024 ini, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara  KPM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *